Sabtu, 06 Juni 2015

Tips Blogger: Tentukan Fokus Tulisan

Tips Blogger: Tentukan Fokus Tulisan - Banyak yang menyepelekan bahwa jika menulis di blog itu hanya sekadar cuap-cuap semata seperti buku diary. Memang benar adanya pernyataan tersebut jika tujuan Anda menulis di blog hanya memberikan pengalaman pribadi Anda, bisa dikatakan blog curhatan. Tidak salah memang jika Anda melakukan hal yang demikian. Tetapi, alangkah lebih baik jika Anda suka menulis dan ingin bergerak serta menyelami dunia per-blogger-an, sebaiknya Anda menentukan fokus tulisan Anda.
Perlu Anda ingat bahwa menentukan fokus tulisan bagi blogger adalah hal mutlak yang perlu disiapkan matang-matang. Penentuan fokus tulisan bisa berlatarbelakang minat pada bidang Anda. Contoh, Anda seorang ekonom ya tentu saja bergerak tulisan di bidang ekonomi. Lebih luas lagi Anda bisa menjadi jurnalis dengan melaporkan sesuatu yang Anda lihat di jalanan yang kemudian Anda tuliskan dengan sudut pandang Anda sendiri. Saya sendiri lebih senang mengolah tulisan dari pengalaman pribadi saya sendiri. 

tips blogger, blogger tips, fokus tulisan, tulisan blog, tema blog
Mungkin ini pesan yang harus Anda ingat baik-baik jika ingin menjadi blogger. Menjadi blogger selain fokus pada tulisan yakni perlunya menghargai tulisan orang lain. Mengapa? Seorang blogger sejati harus menjunjung hak kekayaan intelektual setiap tulisan, apa pun itu bentuknya. Mengutip boleh, tetapi harus disertakan sumber aslinya. Kadang, ada beberapa blogger yang ingin mencari bahan tulisannya, main asal kutip saja. Kiranya itu akan menjadi pencuri konten bukan blogger. 

Sekali lagi saya tekankan bahwa pentingnya fokus tulisan Anda di blog sangat berperan dalam kelanjutan Anda di karier per-blogger-an. Jangan hanya asal tulis dan asal curi saja dari tulisan orang. Yakinkan diri Anda bahwa jika Anda menghargai tulisan orang lain maka tulisan Anda pun akan dihargai pula. ©Tedy Rizkha Heryansyah

Artikel Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang baik ialah pembaca yang selalu memberikan komentar dalam bentuk kritik dan saran untuk kebaikan blog ini

- See more at: http://www.tutorial89.com/2014/08/cara-mudah-membuat-tombol-share-di.html#sthash.r4zgr2Dy.dpuf