Rabu, 03 Juni 2015

Melatih Anak Menyukai Budaya Indonesia

Melatih Anak Menyukai Budaya Indonesia - Ketika zaman sudah bergeser dengan adanya arus globalisasi, memaksa budaya dan kesenian pun seiring waktu terus berubah. Tidak jarang kita lihat bahwa budaya-budaya luhur di negeri ini tergeser ke arah kepunahan. Ditambah lagi anak-anak di zaman modern ini tentu sudah emoh untuk melakukan pemeliharaan kebudayaannya. Miris memang jika kita menyinggung budaya asli Indonesia yang semakin dianaktirikan. Budaya Indonesia memang acapkali disamaratakan dengan budaya yang tidak mendidik terlebih dengan agama. 

Kita tidak perlu membicarakan tentang budaya-budaya Indonesia yang tidak mendidik. Lebih baik kita yang sudah dewasa ini memikirkan untuk pelestarian budaya asli Indonesia. Baik seni. lagu, tari, makanan, dan apa pun itu namanya patut untuk dilestarikan. Perlu memang melatih anak untuk menyukai budaya Indonesia. Cara yang paling mungkin ialah berasal dari orang tua si anak itu sendiri. 

budaya indonesia, budaya asli indonesia, anak, melatih anak, budaya anak
Banyak cara untuk melatih anak agar menyukai budaya Indonesia. Cara yang paling mudah ialah penerapan kebiasaan-kebiasaan untuk dijadikan rutinitas sehari-hari. Contohnya, budaya cium tangan harus diajarkan kepada anak secara rutin dan berkelanjutan. Namun, perlu diingat bahwa proses pembelajaran pada si anak tentu bukan hal yang mudah kalau kita tidak memberikan contoh nyata. Oleh karenanya, orang tua pun jangan sungkan mengajarkan budaya tersebut kepada anak dengan memberi contoh langsung. 

Sebagai orang dewasa yang memberikan contoh kepada generasi muda, jangan merasa malu atau sungkan memberikan pengetahuan budaya Indonesia kepada anak-anak. Mungkin tidak bisa dibayangkan jika budaya Indonesia yang penuh sopan santun dan tata krama tersebut hilang ditelan bumi. Amburadul. ©Tedy Rizkha Heryansyah

Artikel Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang baik ialah pembaca yang selalu memberikan komentar dalam bentuk kritik dan saran untuk kebaikan blog ini

- See more at: http://www.tutorial89.com/2014/08/cara-mudah-membuat-tombol-share-di.html#sthash.r4zgr2Dy.dpuf