Iklan Partai yang Menggugah - Saya sempat terkejut dan
terpana ketika ada sebuah iklan yang mengangkat tema tentang Indonesia. Tagline
yang dijadikan jargon berulang kali ialah “Siapakah Indonesia”. Jujur, saya
sempat terperangah melihat karisma iklan tersebut. Saya berpikir bahwa iklan
tersebut bukanlah iklan partai. Pemikiran saya malah sampai suatu
perlombaan tentang menulis esai yang berhubungan dengan Indonesia. Usut punya
usut ternyata iklan tentang Indonesia tersebut merupakan iklan sebuah partai.
Awalnya, iklan partai tersebut membuka dengan
lead yang begitu hebat. Siapakah yang dibilang Indonesia, yang beragama A
B C atau D? Siapakah yang dibilang Indonesia, yang berpenghasilan milyaran atau
yang sekadar mencukupi kebutuhan hidup harian. Saya mengakui bahwa iklan partai tersebut memang menggunakan retorika yang begitu hebat dan dahsyat.
Retorika dalam iklan tersebut digunakan secara menyeluruh yang menggambarkan
kondisi rakyat Indonesia.
Dari iklan tersebut didapati bahwa kemampuan beretorika dalam
sebuah iklan mutlak diperlukan. Retorika yang dahsyat dapat saja membentuk opini
masyarakat. Terlebih jika ada suatu momen yang sangat berkaitan dengan
masyarakat Indonesia. Untuk para pendengar iklan, berhati-hatilah jangan sampai
karena kagum dengan iklan lantas dengan mudah terbujuk oleh iklan tersebut.
©Tedy Rizkha Heryansyah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pembaca yang baik ialah pembaca yang selalu memberikan komentar dalam bentuk kritik dan saran untuk kebaikan blog ini