Rabu, 20 Mei 2015

‘Urakan’ Belum Tentu Urakan

‘Urakan’ Belum Tentu Urakan - Seorang pengajar yang baik ialah pengajar yang mengerti keinginan siswanya. Bukan tanpa alasan, keinginan siswa merupakan suatu titik krusial di mana sesuatu yang ingin diajarkan dapat diterima. Pengajar yang baik bukan hanya sebatas kebiasaan cap jari ketika jam delapan pagi dan jam empat sore. Jika itu merupakan indikator baik bagi pengajar, maka apa yang terjadi dengan para siswanya? Jawaban mudahnya ialah menjadi urakan. 

Urakan mungkin dimengerti di masyarakat kita sebagai hal yang tidak baik. Urakan identik dengan pemberontakan ide-ide atas pakem yang sudah ada. Pagar pemikiran tentang norma yang acapkali dilanggar, kadang kala itulah yang disebut dengan urakan. Pernahkah terbesit ketika urakan sudah memasuki pikiran para pelajar di negeri ini? Kalau kita memfokuskan diri pada anak-anak didik yang sedang mencari jati diri warna kehidupannya agar tidak abu-abu, mungkin di sanalah kita dapat menemukan hal-hal yang berhubungan erat dengan apa itu urakan. 

kelas urakan, kelas berandal, kelas tenang, sukses belajar
Saya sedikit terkejut ketika mendengar ungkapan seorang mahasiswi yang kali ini diberi kesempatan menuangkan teko-teko konsep pemikirannya kepada otak yang sering kali dianggap guru lain sebagai otak yang setengah busuk. Suasana dan kondisi kelas memang mendukung bagi anak di kelas itu untuk membangun pondasi-pondasi urakan dalam dirinya. Tapi apa kata mahasiswi tersebut? Kelas itu kelas yang aktif dan sebenarnya mau diajak bekerja sama. Mungkin sudah terlanjur mendapat stempel dari pejabat-pejabat sekolah tersebut, makanya semakin urakan-lah peserta didik. 

Tidak perlu bertanya siapa yang salah dan siapa yang benar. Baik guru, siswa, dan orang tua sekalipun kiranya sudah melakukan semuanya dengan sebaik mungkin. Setidaknya sebelum Anda menentukan apakah dia atau siapa pun itu urakan, tengoklah ke dalam diri Anda. Siapa tahu malah Anda merupakan seseorang yang urakan itu sendiri. ©Tedy Rizkha Heryansyah

Artikel Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang baik ialah pembaca yang selalu memberikan komentar dalam bentuk kritik dan saran untuk kebaikan blog ini

- See more at: http://www.tutorial89.com/2014/08/cara-mudah-membuat-tombol-share-di.html#sthash.r4zgr2Dy.dpuf