Sabtu, 30 Mei 2015

Menulis itu Latihan

Menulis itu Latihan - Seperti apa yang dikatakan dosen mata kuliah penulisan kreatif di kampus saya, menulis itu merupakan latihan. Saya termanggut-manggut mendengar ucapan beliau seperti itu. Beliau dosen saya bukan orang baru lagi dalam hal dunia penulisan. Salah satu sastrawati Indonesia, Helvy Tiana Rosa. Ada yang membuat saya tidak akan lupa dengan yang beliau lakukan kepada salah satu tugas saya ketika itu. Beliau merobek tugas saya. 

latihan menulis, latihan, menulis, coba menulis, kebiasaan menulis
 Tertawa. Ya, teman-teman kelas saya pun tertawa melihat apa yang telah terjadi degan tugas yang sudah saya buat setengah mati. Ketika itu, bunda (sebutan akrab dari mahasiswanya) Helvy membacakan tulisan esai saya. Halaman pertama yang terkesan mengarah pada bentuk feature, langsung dirobek begitu saja dan diremas-remas hingga kusut kertas yang telah dirobeknya. Berangkat dari pengalaman itu kemudian saya bertekad untuk memperbaiki susunan alur penulisan saya. 

Beberapa teman saya, baik di kelas atau pun ditingkat jurusan sudah mengetahui bahwa saya salah satu blogger yang aktif mempromosikan sebuah tulisannya di media sosial. Ada yang mengatakan bahwa mempromosikan salah satu hal untuk mencari uang dari program pemasangan iklan yang saya paki. Namun, jauh dari pemikiran itu, menulis bagi saya ialah proses amal. Mengapa bisa saya sebut sebagai proses amal? Menulis merupakan tindakan berbagai kepada orang lain. Anak muda zaman sekarang bisa dikatakan sebagai bentuk ‘curhat’. Berbagi bukan sembarang dan asal berbagi saja, berbagi informasi dan pengalaman yang baik tentunya akan bermanfaat untuk orang lain. 

Ketika seseorang mengeluh mengapa sulit menulis? Jawabannya sangat sederhana yaitu karena malas untuk berlatih. Terapkan saja metode one day one page. Mungkin terlalu berat coba one day one paragraph. Tidak ada sesuatu yang dapat dibentuk dengan cepat secepat membuat kopi dengan seduhan air panas. Menulis butuh latihan yang tidak sebentar. Jika sudah nyaman menulis maka sudah nyaman pula berbagi dengan orang lain. ©Tedy Rizkha Heryansyah

Artikel Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang baik ialah pembaca yang selalu memberikan komentar dalam bentuk kritik dan saran untuk kebaikan blog ini

- See more at: http://www.tutorial89.com/2014/08/cara-mudah-membuat-tombol-share-di.html#sthash.r4zgr2Dy.dpuf