Jumat, 15 Mei 2015

Cara Mencari Judul Skripsi

Cara Mencari Judul Skripsi. Ketika membicarakan skripsi, maka yang pertama kali akan dicari ialah judul. Apakah itu hal yang salah? Tentu tidak. Sudah banyak yang mengalami hal seperti itu. Sebuah judul merupakan pijakan pertama untuk menyusun skripsi. Judul merupakan bahan wajib dalam mengolah skripsi agar menjadi lebih gurih dan mantap. Terlebih lagi sebelum skripsi dimulai, judul harus dipresentasikan dalam sebuah sidang proposal skripsi. 

Inilah yang dialami Andi –bukan nama sebenarnya- seorang mahasiswa tingkat akhir yang sudah menghabiskan lima tahun untuk menimba ilmu di kampus tercintanya. Ia sore itu hanya bisa duduk terdiam ketika mata kuliah proposal skripsi akan dimulai. Andi belum memiliki judul dalam benaknya yang akan diajukan kepada dosen mata kuliah tersebut. Entah apa yang ada dalam pikiran Andi. Jelasnya, Andi hanya bisa bingung dan menyesali mengapa tidak memikirkan judul yang akan ia teliti sejak awal-awal kuliah. 

judul skripsi, penelitian skripsi, sidang skripsi, proposal skripsi
Memang benar jika mencari judul skripsi yang akan dipresentasikan kepada dosen harus dipilih matang-matang. Mencari judul skripsi tidak bisa dengan sistem SKS (Sistem Kebut Semalam) seperti mata kuliah lainnya. Ketika Anda ingin mencari judul skripsi yang baik ialah tentukan objek yang akan diteliti kemudian cari masalah dalam objek Anda. Ada sebuah lelucon, jika selama ini kita berusaha menyelesaikan masalah, lain halnya dengan skripsi yakni mencari masalah. 

Cara mencari masalah untuk judul skripsi tidak bisa dengan begitu saja. Anda harus mempertimbangkan waktu mata kuliah sidang proposal skripsi. Jika mata kuliah tersebut ada di semester 6, paling tidak Anda sudah mulai mencari-cari sejak satu tahun sebelumnya. Terima kasih semoga bermanfaat. ©Tedy Rizkha Heryansyah

Artikel Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang baik ialah pembaca yang selalu memberikan komentar dalam bentuk kritik dan saran untuk kebaikan blog ini

- See more at: http://www.tutorial89.com/2014/08/cara-mudah-membuat-tombol-share-di.html#sthash.r4zgr2Dy.dpuf