Senin, 13 Juli 2015

Tips Menghadapi Ujian

Tips Menghadapi Ujian - Ujian merupakan suatu bentuk belajar untuk mengetahui sejauh mana kemampuan kita dalam menguasai suatu konsep atau ilmu. Baik di tingkat sekolah dasar, hingga perguruan tinggi pun masih terdengar kata-kata yang berhubungan dengan ujian. Entah apa pun ujian itu namanya, jelasnya ujian merupakan suatu proses yang harus dialami seseorang untuk menaiki suatu tingkat dalam proses pembelajarannya. 

Rasa grogi, rasa gugup, dan tidak tenang merupakan rasa yang wajar dialami tiap orang. Namun, ada beberapa tips yang mungkin bisa Anda lakukan untuk sekadar mengurangi sedikit ketegangan Anda ketika menghadapi ujian

1. Belajar jangan sehari sebelum ujian.
Hal ini wajar dan sering dilakukan banyak orang ketika menjelang ujian. Belajar dengan ngebut seakan-akan materi akan dilahap pada malam hari sebelum ujian. Ini hal yang salah menurut saya. Malah, seharusnya sehari sebelum ujian itu menenangkan diri dengan berbagai aktivitas yang menyenangkan dan melupakan ketegangan ketika ujian. 

2. Berdoa
Berdoa merupakan hal yang wajib dilakukan. Semua usaha yang telah dilakukan manusia akan kembali kepada ketentuan Tuhan. Orang yang berusaha tanpa berdoa dan yakin berhasil adalah orang yang seombong. 
http://sebutsajatedy.blogspot.com/2015/07/tips-menghadapi-ujian.html

3. Minta semangat teman seperjuangan
Biasanya, teman yang mengalami nasib yang sama yakni menghadapi ujian tentu akan merasakan tekanan yang sama. Oleh karenanya, tidak salah jika saling memberi support. 

4. Minta restu orang tua
Ini juga penting karena ridho Tuhan berada di ridho orang tua. Pasang saja keyakinan bahwa jika orang tua sudah ridho dan mendoakan ujian Anda lancar, maka Tuhan akan melancarkan ujian Anda. 

Demikian beberapa tips menghadapi ujian yang bisa saya sampaikan. Tips menghadapi ujian tersebut berasal dari apa yang sudah saya alami. Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda dan terima kasih telah mengunjungi blog saya. ©Tedy Rizkha Heryansyah

Artikel Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang baik ialah pembaca yang selalu memberikan komentar dalam bentuk kritik dan saran untuk kebaikan blog ini

- See more at: http://www.tutorial89.com/2014/08/cara-mudah-membuat-tombol-share-di.html#sthash.r4zgr2Dy.dpuf