Minggu, 12 Juli 2015

Ini Dia Bedanya Najis dengan Hadas

Ini Dia Bedanya Najis dengan Hadas - Kadang kala sebagai umat Islam yang masih awam seperti saya ini, masih sering keliru dengan pengertian dan batas pembeda tentang najis dan hadas. Baik najis dan hadas memang keduanya dapat membatalkan shalat yang sedang kita jalani. Lantas apa perbedaannya? Tulisan berikut bersumber dari pengajian rutin di masjid dekat rumah saya yang memang dilakukan seminggu sekali dengan penceramah yang sama. 
http://sebutsajatedy.blogspot.com/2015/07/ini-dia-bedanya-najis-dengan-hadas.html

Pertama, yang dimaksud dengan hadas ialah sesuatu yang keluar dari qubul (alat kelamin) dan dubur. Yang bisa keluar dari qubul seperti air seni, air mani, dan sebagainya. Sedangkan najis yang keluar dari dubur bisa kentut, kotoran, dan lain sebagainya. Hadas secara otomatis dapat membatalkan wudhu dan shalat. Berbeda dengan najis. Najis seperti kotoran burung, kotoran ayam, kalau kita sudah punya wudhu terus terkena najis seperti yang disebutkan di atas, maka wudhu kita tidak batal. Orang yang terkena najis, wudhunya tidak batal hanya saja najis tersebut harus dibersihkan dengan air yang mengalir dan disapukan di bagian tubuh kita yang terkena najis. 

Bagaimana? Sudahkah Anda paham tentang perbedaan mendasar antara najis dengan hadas? Semoga saja tulisan ini dapat memberikan pengetahuan tambahan kepada Anda yang ingin mencari informasi tentang perbedaan antara najis dengan hadas. Jika Anda mempunyai koreksi atau tambahan tentang tulisan ini, dengan senang hati saya menerimanya. Semoga bermanfaat dan terima kasih. ©Tedy Rizkha Heryansyah

Artikel Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang baik ialah pembaca yang selalu memberikan komentar dalam bentuk kritik dan saran untuk kebaikan blog ini

- See more at: http://www.tutorial89.com/2014/08/cara-mudah-membuat-tombol-share-di.html#sthash.r4zgr2Dy.dpuf