Kamis, 03 Desember 2015

Mencari Pemaknaan Sejati dari Wisuda

Mencari Pemaknaan Sejati dari Wisuda - Apa yang ada dalam benak pikiran Anda ketika mendengar kata WISUDA? Sebuah ceremonial yang begitu syahdu. Baik mahasiswa, atau pun orang tua yang menyaksikan keberhasilan anaknya dalam menuntaskan pendidikan di tingkat tertentu. Wisuda merupakan bukti atau ucapan selamat atas keberhasilan seseorang melaksanakan proses pendadaran dalam menempa ilmu yang berusaha didapatkan di dalam sebuah instansi pendidikan. Apakah hanya sebatas itu pemaknaan wisuda sesungguhnya

Menurut saya, pemaknaan wisuda bukan hanya sekadar ajang ceremonial. Wisuda bagi saya (karena saya mengalami wisuda juga) merupakan awal dari tahap berikutnya. Entah dalam kehidupan sosial, dunia pekerjaan, atau bahkan melanjutkan ke jenjang berikutnya. Jelasnya, wisuda bukan merupakan akhir. Ucapan selamat yang timbul dari bibir orang lain merupakan ucapan selamat keberhasilan. Namun, juga bisa diinterpretasikan sebagai ucapan selamat datang dan selamat berjuang dalam kehidupan yang sesungguhnya.

Euforia wisuda memang sejatinya jangan melupakan pemaknaan sejati dari wisuda itu sendiri. Banyak orang yang terlena akan keberhasilan dalam menempuh proses belajarnya hingga terbukti dirinya dapat diwisuda. Keberhasilan dalam proses pendadaran tersebut sudah saatnya diimplementasikan di dunia kerja dan dunia sosial bermasyarakat. Semoga tulisan ini bermanfaat dan terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca tulisan ini.

Artikel Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang baik ialah pembaca yang selalu memberikan komentar dalam bentuk kritik dan saran untuk kebaikan blog ini

- See more at: http://www.tutorial89.com/2014/08/cara-mudah-membuat-tombol-share-di.html#sthash.r4zgr2Dy.dpuf