Kamis, 03 Maret 2016

Pengaruh Oktan Bagi Mesin

Pengaruh Oktan terhadap Performa Mesin – Di Indonesia saat ini bukan hanya Pertamina saja yang menyodorkan bahan bakar untuk memanjakan masyarakat Indonesia. Sudah ada beberapa perusahaan asing yang menanamkan sahamnya di Indonesia dan menawarkan kualitas bahan bakar yang lebih baik dibanding ini dan itu. Namun, benarkah demikian? Jika melihat berbagai ulasan di media sosial, tentu sedikit banyak kita akan terpengaruh menggunakan bahan bakar A atau bahan bakar B. Apakah betul tingkatan oktan memengaruhi kinerja mesin kendaraan Kamu? 

Sebelumnya, memang harus kita luruskan bahwa tingkatan oktan di tiap jenis bensin memiliki kadar yang berbeda satu dengan yang lainnya. Nah, tingkatan oktan berbeda itu karena diberikan aditif yang berfungsi sebagai anti kerak dan anti timbal. Bahan bakar dengan kualitas oktan renda maka tidak ada aditif dan tidak ada anti timbal. Lama-kelamaan akan menimbulkan timbunan kotoran dalam saluran bahan bakar kendaraan. Jadi, semakin tinggi nilai oktan maka saluran bensin bisa diminimalisir tingkat kekotorannya. Praktis dengan adanya nilai oktan yang semakin tinggi, maka performa mesin kendaraan akan semakin baik pula. Satu lagi, sesuaikan bahan bakar yang pas dengan tingkatan kompresi kendaraan Kamu agar bahan bakar terbakar secara sempurna. 

Mungkin Kamu yang sudah terbiasa menggunakan bensin dengan nilai oktan rendah akan sulit berganti ke bensin dengan oktan yang lebih tinggi. Sebenarnya, pengaruh oktan terhadap performa mesin harus juga diimbangi dengan perawatan yang rutin. Percuma diisi bensin dengan oktan tinggi tetapi perawatan kendaraan jarang dilakukan. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Kamu dan terima kasih telah mengunjungi blog ini.

Artikel Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang baik ialah pembaca yang selalu memberikan komentar dalam bentuk kritik dan saran untuk kebaikan blog ini

- See more at: http://www.tutorial89.com/2014/08/cara-mudah-membuat-tombol-share-di.html#sthash.r4zgr2Dy.dpuf