Kamis, 04 Februari 2016

Program Bela Negara, Pentingkah?

Program Bela Negara, Pentingkah? - Melihat gembar-gembor Kementerian Pertahanan mencanangka program bela negara, tentu banyak warga negara Indonesia yang mengrenyitkan dahi. Untuk apa? Seperti wajib militer kah? Tentunya Kementerian Pertahanan berdalih bahwa program bela negara ini berbeda denga program wajib militer. Alasannya, pengadaan program bela negara ini untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air, persaudaraan, dan nasionalisme dari masyarakat Indonesia. Lantas, benarkah demikian? 

Melihat alasan yang ada, memang sangat bagus jika diterapkan. Hal ini mungkin didasari pada karakter orang Indonesia yang sekarang sudah dapat dikatakan sebagai anti sosial terhadap sesamanya. Selain itu, para pemuda khususnya pelajar bisa menumbuhkan sikap disiplin dan ketegasan. Sehingga diharapka setelah mengikuti program bela negara ini tidak ada lagi kabar tawuran antarpelajar. Namun, bukan berarti program ini tidak memiliki sisi negatif. Saya rasa, orang Indonesia tidak perlu dididik tentang nasionalisme keindonesiaan. Lihat saja jika tim nasional sepakbola bermain, pasti pendukungnya banyak. Nah, itu sudah menjadi salah satu indikator nasionalisme yang tinggi, bukan? 

Semoga saja program bela negara ini bukan hanya sekadar model pengalihan isu dari pemerintah. Setiap tindakan atau niatan baik, pasti akan ada manfaatnya. Begitu pula niat buruk yang dilaksanakan tentu akan menjadi bumerang tersendiri bagi para pelakunya. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Kamu dan terima kasih telah mengunjungi blog ini.

Artikel Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang baik ialah pembaca yang selalu memberikan komentar dalam bentuk kritik dan saran untuk kebaikan blog ini

- See more at: http://www.tutorial89.com/2014/08/cara-mudah-membuat-tombol-share-di.html#sthash.r4zgr2Dy.dpuf