Kamis, 25 Februari 2016

Pahami Sistem Kelistrikan Mobil

Memahami Kelistrikan Mobil Kamu - Sistem kelistrikan di kendaraan memang kadangkala membuat pusing pemiliknya. Hal ini dikarenakan mobil memiliki serangkaian komponen listrik yang saling terhubung satu sama lain. Jika salah satu komponen saja mengalami kerusakan, maka tak ayal kendaraan pun akan mati dan tidak akan bergerak. Kali ini dalam tulisan saya, akan membahas pengalaman mengerikan tentang gangguan salah satu komponen kelistrikan mobil yang saya miliki. Komponen yang bermasalah ialah aki dan dinamo starter di mobil Bimantara Cakra 1.6 cc 

Permasalahan pertama ialah penggantian aki yang masih sangat muda usiana. Penggantian aki dilakukan di bulan Oktober, sedangkan belinya itu di bulan Februari. Praktis hanya berusia 8 bulan, apa yang terjadi? Salah satu sel aki mengalami kerusakan. Wal hasil listrik tidak tersuplai dengan baik. Kadang starter nyala, kalau sudah panas malah susah di starter. Masalah belum berakhir sampai disitu saja. Setelah aki diganti, starter mobil lebih enteng, namun di satu kesempatan ketika mobil dimatikan malah tidak mau menyala untuk distarter kembali. Ada apa ini? Setelah dicek, ternyata dinamo starternya konslet. Gantilah yang baru dinamo starter mobil tersebut. 

Berdasarkan dua pengalaman yang telah dimiliki, secara tidak sadar pengguna mobil akan belajar tentang kelistrikan mobil. Paling tidak ilmu dan pengalamannya bertambah. Paling penting sekarang ialah tidak hanya sekadar pakai tanpa ada perawatan berkala. Perawatan sama pentingnya dengan kebutuhan terhadap kendaraan itu. Semoga tulisan ini bermanfaat dan terima kasih telah mengunjungi blog ini.

Artikel Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang baik ialah pembaca yang selalu memberikan komentar dalam bentuk kritik dan saran untuk kebaikan blog ini

- See more at: http://www.tutorial89.com/2014/08/cara-mudah-membuat-tombol-share-di.html#sthash.r4zgr2Dy.dpuf