Kamis, 13 Agustus 2015

Oli Motor Bocor Mending Ganti Top Set

Oli Motor Bocor Mending Ganti Top Set - Lagi-lagi cerita permasalahan sepeda motor yang bisa dibilang cukup tua. Motor Karisma kali ini mengalami keanehan lagi yang terjadi. Sejak ganti rantai keteng motor, Karisma yang notabene merupakan motor buatan tahun 2004 ini kembali rewel dan ngambek kepada si empunya. Motor Karisma tersebut rewel dengan mengeluarkan tetesan oli di tempat silinder dan klepnya. Lantas bagaimana pemecahan masalahnya? 

Setelah googling ke sana ke mari mencari alamat, maka penyebab menetesnya oli si Karisma ini dikarenakan keteledoran saya sendiri. Harusnya, ketika mengganti rantai keteng, sekalian mengganti gasket A (top set). Apa itu top set? Top set merupakan kumpulan part-part atau bagian-bagian yang menutupi silinder motor. Ada seal klep dan lain sebagainya. Setelah konsultasi ke bengkel langganan, maka sudah fix sebaiknya ganti top set. Berhubung di bengkel itu top set tidak di jual, maka larilah saya ke bengkel yang menjual onderdil tersebut. Harga top set Karisma yang asli dari Honda sekitar Rp 70.000,- sedangkan yang KW harganya Rp 40.000,-




Jika Anda mengutak-atik bagian klep dan silinder, sebaiknya mengganti sekalian seal-seal yang ada di dalamnya. Hal ini untuk meminimalisir kebocoran oli setelah proses pembukaan seal-seal tersebut. Demikian pengalaman yang bisa saya bagikan dalam tulisan kali ini. Semoga tips mengganti top set ini bisa bermanfaat untuk Anda. ©Tedy Rizkha Heryansyah

Artikel Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang baik ialah pembaca yang selalu memberikan komentar dalam bentuk kritik dan saran untuk kebaikan blog ini

- See more at: http://www.tutorial89.com/2014/08/cara-mudah-membuat-tombol-share-di.html#sthash.r4zgr2Dy.dpuf