Senin, 07 September 2015

Menjaga Toleransi Beragama

Menjaga Toleransi Beragama - Mungkin belum lepas dari ingatan kita, bahwa ada kerusahan saat Idul Fitri lalu di daerah Tolikara, Papua. Ya, kerusuhan tersebut terjadi ketika umat Islam di Papua sedang melaksanakan Shalat Idul Fitri di lapangan Koramil setempat. Entah, siapa dan apa latar belakangnya, sekelompok orang memaksa membubarkan Shalat Id tersebut dan membakar Mushalla di tempat tersebut.

Melihat fenomena tersebut, sungguh miris toleransi beragama di Indonesia. Saya berpikir bahwa kejadian tersebu merupakan suatu konspirasi yang dijadikan sebuah isu yang mencuat ke permukaan. Entah pengalihan isu atau apa pun latar belakang yang melandasi kejadian tersebut, jelasnya kejadian tersebut memancing panas toleransi beragama yang telah terjalin. Terbukti, beberapa hari setelah insiden di Tolikara, kali ini oknum umat Islam di suatu daerah memaksa sebuah rumah yang dijadikan perkumpulan umat Nasrani dibubarkan dengan cara kekerasan. 

Lantas apakah toleransi beragama di Indonesia harus pupus dan retak begitu saja? Memang kejadian tersebut menjadi sebuah shock therapy khususnya bagi umat Islam. Namun, kiranya saya hanya bisa memberi saran agar tidak mudah terpancing. Yakinlah, ini merupakan sebuah konspirasi yang telah direncanakan oleh sebuah organisasi yang kelak akan diketahui tujuan dan siapa dalang sesungguhnya.©Tedy Rizkha Heryansyah

Artikel Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang baik ialah pembaca yang selalu memberikan komentar dalam bentuk kritik dan saran untuk kebaikan blog ini

- See more at: http://www.tutorial89.com/2014/08/cara-mudah-membuat-tombol-share-di.html#sthash.r4zgr2Dy.dpuf