Senin, 21 September 2015

Mengenal Budaya MOS (Masa Orientasi Sekolah)

Mengenal Budaya MOS (Masa Orientasi Sekolah) - Siapa pun yang pernah mengenyam bangku pendidikan di tingkat menengah dan tinggi tentu tidak asing dengan penyebutan MOS. MOS disinyalir sebagai masa pengenalan bagi siswa atau mahasiswa baru yang akan mengenal lingkungan tempatnya belajar. Dulu, masyarakat awam sangat memandang MOS sebagai ajang perploncoan senior kepada juniornya. Tidak heran jika ketika masa MOS tiba, banyak pernah pernih yang dibawa oleh siswa baru. 

Budaya MOS ini kiranya sudah menjadi budaya yang mendarah daging. Entah apa pun penyebutannya di tahun ini, jelasnya hakikat MOS sebaiknya jangan dihilangkan serta-merta. Mengapa? Kembali kepada pengetahuan tentang hakikat MOS yang seharusnya memberi pengenalan kepada siswa barunya dengan tetap mengedepankan umbul-umbul pendidikan yang sudah lama dipegang bagi sektor pendidikan itu sendiri. Namun, nyatanya dengan dalih bahwa perploncoan tersebut masih dalam rangkat pengenalan lingkungan tempat belajar, kadang disalahgunakan oleh para senior yang memendam dendam lama terhadap kakak kelasnya terdahulu. 

Kesalahpahaman dan perlunya pengembalian MOS yang sebenarnya pun mutlak dilakukan. Bersyukur jika di tahun-tahun ini dan ke depannya nanti, budaya MOS yang diadakan oleh lembaga pendidikan sudah terlepas dari embel-embel balas dendam senior kepada juniornya. Sejatinya, lembaga pendidikan menjadi tempat yang membahagiakan bagi para siswa barunya ketika masa “first time”. Semoga saja budaya MOS di kemudian tahun dapat menjadi jauh lebih baik dibanding tahun ini. ©Tedy Rizkha Heryansyah

Artikel Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang baik ialah pembaca yang selalu memberikan komentar dalam bentuk kritik dan saran untuk kebaikan blog ini

- See more at: http://www.tutorial89.com/2014/08/cara-mudah-membuat-tombol-share-di.html#sthash.r4zgr2Dy.dpuf