Kamis, 01 Februari 2018

Coba Paket Belajar Online Ruangguru On-The-Go! Tonton Video Belajar Tanpa Kuota

Hello sudah lama Kerakatob tidak menulis artikel lagi. Bagaimana kabar kalian? Saya harap kalian semua sehat-sehat dan tetap semangat ya. Tulisan saya kali ini agak berbeda dari tulisan yang sudah pernah terbit di Kerakatob sebelumnya. Kalau di tulisan-tulisan sebelumnya, Kerakatob biasanya mengulas tentang curhat, otomotif dan beberapa hal yang mungkin tidak terlalu penting bagi kalian. Nah, di postingan kali ini, Kerakatob akan memberikan informasi di bidang pendidikan. Hmmmm menarik bukan? Apa yang akan dibahas? Simak terus ya.

Jadi, Kerakatob akan mengulas tentang sebuah perusahaan start-up yang ada di Indonesia. Ya, start-up di bidang pendidikan. Beberapa diantara kalian pasti ada yang belum tahu dan bahkan bertanya, "Memangnya apa nama start-up pendidikannya?" Sebelum Kerakatob jelaskan lebih lanjut, coba simak video dari Youtube berikut ini.


Itu tadi cuplikan iklan di televisi. Nama start-up nya ialah Ruangguru. Masih terdengar asing kah di telinga teman-teman? Oke, penjelasannya bisa langsung dicek via website Ruangguru ya. Saya akan fokus pada mengulas sebuah produk paket belajar online dari Ruangguru yakni Ruangguru On-The-Go! Ruangguru On-The-Go (OTG) merupakan paket belajar yang disediakan Ruangguru untuk membantu para siswa yang ingin menonton video belajar yang seperti ada di iklan tersebut, tanpa kuota.

Memangnya menonton video belajar tersebut memerlukan kuota? Ya, fitur video belajar tersebut menjadi satu paket dengan produk Ruangbelajar. Jadi, dalam produk Ruangbelajar itu terdapat beberapa fitur antara lain:

1. video belajar;
2. latihan soal plus pembahasan; dan
3. rangkuman.

Untuk lebih jelasnya bisa langsung buka review Ruangbelajar dari Mataoker

Kembali ke Ruangguru OTG ya. OTG dari Ruangguru ini membantu user untuk mengakses video belajar tanpa kuota. Hanya video belajarnya saja ya. Kalau mengakses latihan dan pembahasan juga rangkuman harus pakai kuota. Dengan kata lain, OTG ini merupakan alat bantu untuk mendapatkan akses fitur secara semi-offline. Penasaran seperti apa wujud dari Ruangguru OTG ini? Ini dia



Ruangguru menawarkan OTG nya dari jenjang kelas 4 SD sampai dengan kelas 12 SMA (IPA dan IPS tersedia). Selain itu, tipe OTG nya juga ada 2. Pertama Ruangguru OTG Reguler dan yang satu lagi yakni Ruangguru OTG Ekstra. Kerakatob pada kali ini fokus pada ulasan di Ruangguru OTG reguler. Review Ruangguru OTG Ekstra bisa dibaca di blog si Tangan Gatel ya teman-teman. 

Isi box dari Ruangguru OTG Reguler itu ada:

1. USB OTG
2. Study Schedule
3. Gantungan kunci
4. Catatan sahabat 
5. Buku manual Ruangbelajar
6. Kode aktivasi Ruangbelajar

Lalu, pasti muncul berbagai pertanyaan dari teman-teman, apakah USB dari Ruangguru OTG itu bisa digunakan sebagai flashdisk? Jawabannya bisa, tapi ada catatannya ya. USB dari Ruangguru OTG ini bisa digunakan sebagai flashdik tapi harus diformat. Otomatis jika dilakukan pemformatan pada USB OTG itu, data-data dalam OTG tersebut hilang alias teman-teman tidak bisa akses lagi video belajar dari Ruangbelajar tanpa kuota. Saran saya lebih baik beli flashdisk baru saja, toh niat membeli Ruangguru OTG itu untuk mendapat akses video belajar tanpa kuota kan?

Sekarang kita lihat spesifikasi handphone yang bisa dipakai untuk Ruangguru On-The-Go. Apakah ada minimum spek android? Oh jelas tentu ada teman-teman. Spesifikasi android yang bisa menggunakan Ruangguru OTG ini adalah Android 4.4 alias KitKat. Jadi, kalau android teman-teman masih menggunakan Jelly Bean atau bahkan Ginger Bread, maka dapat dipastikan Ruangguru OTG ini tidak dapat digunakan. Untuk sementara baru hadir versi androidnya ya teman-teman. Kalau untuk pengguna iOS harap bersabar.

Sudah tidak sabar ingin tahu bagaimana cara menggunakan Ruangguru OTG? Simak baik-baik ya...

#1. DOWNLOAD APLIKASI RUANGGURU
Pertama, teman-teman harus download aplikasi Ruangguru. Ada di Google Playstore dan ada di AppStore




#2. ISI DATA PENGGUNA
Setelah teman-teman mendownload aplikasinya, langsung buka dan akan muncul form untuk mengisi data sebagai pengguna aplikasi. Tampilannya seperti berikut



#3. COLOK KE HANDPHONE DAN AKTIVASI
Setelah teman-teman mengisi form data tadi, maka akan muncul tampilan seperti ini


Nah, teman-teman sebenarnya bisa memilih produk ruangbelajar. Tapi, kalau menonton videonya akan menggunakan kuota internet. Lain halnya kalau teman-teman membeli Ruangguru OTG dan mencolokkan ke handphone, maka akan muncul notifikasi seperti ini



Setelah notifikasi tersebut muncul, ceklist "Gunakan secara default untuk perangkat USB ini" dan pilih "Oke". Setelah pilih "Oke" maka akan timbul notifikasi baru seperti ini


Teman-teman harus aktivasi Ruangguru OTG nya terlebih dahulu. Klik "Aktivasi". Nanti akan muncul notifikasi untuk memasukkan 16 digit serial number. Serial number bisa kamu lihat di voucher aktivasi ruangbelajar dari dalam box Ruangguru OTG. 


Setelah itu muncul konfirmasi jenjang kelas, kurikulum, tahun ajaran, dan juga masa aktif. Pilih "Ya"


Aktivasi teman-teman dikatakan berhasil jika muncul notifikasi seperti ini.


Itu tadi langkah-langkah cara aktivasi Ruangguru OTG. Pasti teman-teman bertanya, "Di mana beli Ruangguru OTG ya?" Tenang, Kerakatob sudah punya lokasi penjualan Ruangguru OTG. Ada di beberapa toko buku Gramedia yang ada di beberapa kota. Berikut datanya yang saya dapat dari Instagram Ruangguru.


Selain di toko buku Gramedia, Ruangguru OTG juga bisa teman-teman dapatkan di Tokopedia dan Shopee



Untuk soal harga, teman-teman tidak perlu merogoh kocek hingga jutaan. Berdasarkan daftar harga OTG di website Ruangguru, harga OTG reguler ini dijual seharga Rp. 900.000, ada diskon dan harganya menjadi Rp. 775.000 (sampai tulisan ini diposting, diskon masih berlaku). Untuk ketersediaan jenjang, saat ini Ruangguru OTG reguler tersedia dari kelas 4 SD sampai kelas 12 SMA.

Saya kira sudah cukup ulasan mengenai paket belajar online dari Ruangguru On-The-Go kali ini. Selamat mencoba dan ayo #BelajarJadiLuarBiasa!

Artikel Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang baik ialah pembaca yang selalu memberikan komentar dalam bentuk kritik dan saran untuk kebaikan blog ini

- See more at: http://www.tutorial89.com/2014/08/cara-mudah-membuat-tombol-share-di.html#sthash.r4zgr2Dy.dpuf