Oli Motor Bocor Mending Ganti Top Set - Lagi-lagi cerita
permasalahan sepeda motor yang bisa dibilang cukup tua. Motor Karisma kali ini
mengalami keanehan lagi yang terjadi. Sejak ganti rantai keteng motor, Karisma
yang notabene merupakan motor buatan tahun 2004 ini kembali rewel dan ngambek
kepada si empunya. Motor Karisma tersebut rewel dengan mengeluarkan tetesan oli
di tempat silinder dan klepnya. Lantas bagaimana pemecahan masalahnya?
Setelah googling ke sana ke mari mencari alamat, maka penyebab
menetesnya oli si Karisma ini dikarenakan keteledoran saya sendiri. Harusnya,
ketika mengganti rantai keteng, sekalian mengganti gasket A (top
set). Apa itu top set? Top set merupakan kumpulan part-part atau
bagian-bagian yang menutupi silinder motor. Ada seal klep dan lain
sebagainya. Setelah konsultasi ke bengkel langganan, maka sudah fix sebaiknya
ganti top set. Berhubung di bengkel itu top set tidak di jual, maka
larilah saya ke bengkel yang menjual onderdil tersebut. Harga top set
Karisma yang asli dari Honda sekitar Rp 70.000,- sedangkan yang KW harganya
Rp 40.000,-
Jika Anda mengutak-atik bagian klep dan silinder,
sebaiknya mengganti sekalian seal-seal yang ada di dalamnya. Hal ini untuk
meminimalisir kebocoran oli setelah proses pembukaan seal-seal tersebut.
Demikian pengalaman yang bisa saya bagikan dalam tulisan kali ini. Semoga
tips mengganti top set ini bisa bermanfaat untuk Anda. ©Tedy Rizkha
Heryansyah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pembaca yang baik ialah pembaca yang selalu memberikan komentar dalam bentuk kritik dan saran untuk kebaikan blog ini